Banyak Hal

As a teenager, pikiran kita kadang sama.

"Mumpung masih muda, masih remaja, nikmatin masa muda dulu lah."
Begitu kan kira-kira yang pernah terlintas dipikiran kita?

Yah, dulu gue juga berpikiran begitu.

Gue cuma mau main, bebas, dan lakuin apa aja yang gue suka mumpung gue masih muda.

Tapi setelah dipikir-pikir, hidup gue cuma sekali. Kalau waktu muda gue, gue buang percuma dengan main-main ataupun ngelakuin hal yang nggak bermanfaat, terus kapan mau kerja kerasnya?

Pas udah tua nanti?

Ah, nggak begitu.

Lebih baik kehilangan masa muda. Gue setuju banget dengan kalimat ini.

Gue lebih baik kehilangan masa muda, berjuang dulu, kerja keras dulu, susah-susah dulu. Daaan pas tua nanti, tinggal nikmatin hasilnya.

Sebaliknya, bukan saat muda sekarang malah senang-senang dan saat masa tuanya susah-susah.

Harus ada pengorbanan. Temen-temen nongkrong, lo belajar. Temen-temen pacaran, lo sibuk memperbaiki diri.

Gue nggak bilang kalau dimasa muda begini nggak boleh seneng-seneng. Boleh aja, tapi jangan berlebihan, jangan sampai buang waktu berharga lo.

Banyak banget hal yang bisa gue dan kalian lakukan saat masih muda begini. Bukan cuma belajar, bukan.

Lakuin hal yang kalian suka aja asal itu bermanfaat dan nggak ngebuang-buang waktu.
Gue sendiri biasanya ngelakuin hobi gue, yaitu menggambar. Sebenernya bukan cuma ngegambar doang sih. Ngelukis juga bisa. Hasil lukisan dan karya seni gue, bisa gue jual. Dapet uang. Nggak perlu minta orang tua.

Karena, kita nggak mungkin bisa balik lagi ke masa-masa ini. Jadi, manfaatin masa muda kita sebaik mungkin. Lakuin banyak hal, coba banyak hal. Sebanyak-banyaknya. 

Share:

0 comments